Salah satu surat yang populer di kalangan umat muslim ialah Surat An Naba. Surat ini tergolong ke dalam surat Makiyyah, yakni surat yang diturunkan kepada Nabi ketika beliau masih bermukim di Kota Mekah. Memiliki ayat berjumlah 40 ayat. Dengan rutin membaca ataupun menghafalkan surat tersebut maka kita akan memperoleh fadhilah yang sangat banyak baik ketika di dunia maupun di akhirat nanti.

Setiap ayat yang ada di dalam kitab suci Al Quran tidak hanya enak dan mudah dibaca namun juga bisa memberikan pahala bagi setiap kaum muslimin yang mengamalkannya. Bagi Anda yang sedang merasa dalam kesusahan atau kesulitan maka sebaiknya lebih rajin membaca Al Quran supaya lebih memiliki ketenangan hati dalam menjalani hidup di dunia.

Adapun pelajaran dan kandungan yang dapat kita ambil dari Surat An-Naba yaitu:

  1. Orang yang memiliki iman akan lebih meyakini tentang adanya hari kiamat dan akhirat sehingga hatinya lebih tenang dan tidak meragukan hal-hal yang sudah dipastikan akan terjadi.
  2. Tidak hanya orang Islam, golongan kafir pun kelak akan melihat kebenaran bukti hari besar tersebut
  3. Peristiwa akan adanya hari kebangkitan merupakan hari yang besar dan sudah ditetapkan oleh Allah
  4. Orang yang telah melampaui batas dan menyangkal adanya berita yang besar kelak akan mendapat balasannya di neraka.Olej karenanya, beriman dan bertakwalah ketika nafas masih di kandung badan.
  5. Setiap amal baik ataupun buruk manusia telah dicatat oleh malaikat dan akan memeperoleh balasannya.
  6. Orang yang beriman dan bertakwa akan memperoleh kemenangan dan dikaruniai kenikmatan berupa surga.
  7. Pada ayat ke-11 telah diterangkan bahwa bekerja mencari nafkah merupakan bagian dari ibadah. Allah telah menciptakan siang hari untuk bekerja dan malam hari untuk digunakan sebagai waktu istirahat, serta menjadikan bumi yang luas ini untuk memperoleh nafkah yang halal.

Itulah tadi sebagian kecil hikmah dan pelajaran yang dapat kita ambil dari surat urutan ke-78 ini. Semoga kelak kita semua mendapat hidayah dan mampu memperoleh Ridha-Nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *